Awalnya aq agak maju mundur untuk ke acara ini, acara "Pameran Seni Rupa Anak dan Remaja dengan Autisme". Padahal undangannya sudah dikirim dari 2 minggu yang lalu.  Sebenernya bukan karena acaranya kurang menarik, tapi karena lokasi tempat acaranya terkenal  dengan ' kawasan yang GA pernah absen dari macet, apalagi di hari sabtu .
Karena udah telat banget akhirnya aq memutuskan turun dari mobil suami dan melanjutkan ke lokasi dengan naik ojek. Bener aja, sampe disana aq udah di tunggu di depan gallery.
Di meja tamu aq disambut oleh siswa-siswa istimewa yang hari itu ditugaskan untuk memastikan para tamu mengisi daftar hadir. Acaranya terletak di lantai 2 Gallery & Cafe Aprilia daerah Karang Tengah lebak Bulus.



Gallery yang ga terlalu besar itu dipenuhi dengan hasil karya anak spesial. Lukisan, hiasan dan pajangan dari keramik mendominasi ruangan tersebut. Smuanya sangat bagus, indah dan memiliki nilai seni. Kalau melihat sosok-sosok yang ada disana sepertinya sulit dipercaya mereka bisa membuat karya sebagus ini. Semua karya sangat natural, original dan pastinya memerlukan konsentrasi yang baik dalam membuatnya, apalagi  untuk ukuran anak dengan autism, yang umumnya sangat minim konsentrasi. Entah mereka sadar  atau tidak, bahwa hari itu mereka sedang memamerkan hasil karya mereka. Dengan tingkah laku yang 'aga kaku' mereka saling berinteraksi satu sama lain, disamping juga dengan para orang tua dan guru
Bagi orang awam mungkin akan terasa aneh berada di situasi seperti itu, tapi bagiku, hal ini suatu yang biasa dan justru membanggakan sekaligus mengharukan. Bangga melihat prestasi dan kemajuan anak-anak ini dan juga terharu karena ikut merasakan kebahagiaan orang tua yang pastinya melalui perjalanan dan perjuangan yang panjang sehingga bisa menjadikan anak-anak yang istimewa ini sampai di titik ini.


Selain itu  ada juga penampilan band yang semuanya anak-anak autis.  Mereka, anak-anak yang menyandang Autism dikenal sangat susah bersosialisasi dan berkomunikasi sehingga sepertinya tidak mungin bisa melakukan hal yang membutuhkan kerjasama. Tapi tidak dengan  Band ini. Anak-anak ini bermain musik dengan nada yang tepat dan  harmonisasi yang bagus. Hebat sekali orang-orang dibelakangnya yang sudah membuat mereka sekeren ini, khususnya pasti para orang tuanya.
Salut buat para mama, papa dan juga guru-guru atas usaha dan kerja kerasnya.
Semoga selnjutnya makin banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa menampilkan bakat dan keahlian dari anak-anak  dan remaja dengan autisme.
Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!